Banyak sekali penyandang disabilitas yang mengalami berbagai cobaan lika-liku kehidupan, namun disabilitas bukanlah sebuah alasan untuk tidak berusaha semaksimal mungkin dalam menjalani hidup dan berusaha sekeras mungkin dalam meraih mimpi-mimpinya.  Mari kita lihat, 5 orang penyandang disabilitas yang mendunia, siapakah mereka? penasaran? baca sampai akhir!



1. Stephen Hawking

Stephen Hawking adalah seorang fisikawan yang menemukan bahwa black holes memancarkan radiasi. Karena kontribusinya dalam dunia sains, ia diberikan penghargaan U.S. Presidential Medal of Freedom, merupakan sebuah penghargaan sipil paling tinggi di Amerika Serikat pada tahun 2009. Stephen Hawking hidup dengan disabilitas fisik ALS atau Lou Gehrig’s disease, yang membuatnya lumpuh dan kehilangan kemampuan berbicara sehingga harus menggunakan alat bantu dalam menjalani hidup serta berkomunikasi.

Stephen Hawking. Penyandang disabilitas mendunia.
Stephen Hawking

2. Helen Keller

Helen Keller adalah seorang penyandang disabilitas ganda, netra dan rungu, pertama yang meraih gelar sarjana seni. Helen Keller menyandang disabilitas ganda saat berumur 19 bulan karena penyakit yang tidak diketahui. Ia diajarkan cara mengekspresikan dirinya oleh Anne Sullivan, Gurunya yang terus menjadi pendamping selama dia hidup. Ia juga berkeliling dunia mengkampanyekan tentang anti-militer, derita perempuan, hak buruh, sosialsm, dan banyak hal lainnya.

Baca juga; Ragam Disabilitas yang perlu kamu ketahui!.

Helen Keller. Penyandang disabilitas mendunia.
Helen Keller

3. Ludwig van Beethoven

Penggemar music klasik pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama ini, seorang komposer yang menjadi penyandang disabilitas pendengaran (tunarungu) di usia muda. Hal tersebut membuatnya jatuh depresi, namun Beethoven bangkit dari depresi atas kehilangan pendengarannya dengan terus menciptakan karya musik dengan pendengaran yang kurang sempurna. Saat ini dia dianggap sebagai salah satu komposer yang amat terkenal dan berpengaruh.

Ludwid van Beethoven. Penyandang disabilitas mendunia.
Ludwig van Beethoven

4. Peter Dinklage

Peter Dinklage adalah seorang aktor Hollywood yang menyandang disabilias fisik yaitu achondroplasia, merupakan salah satu bentuk dari drawfisme atau kerdil. Ia telah memenangkan banyak penghargaan dibidangnya sebagai actor terkenal.

Peter Dinklage. Penyandang disabilitas mendunia.
Peter Dinklage

5. Nick Vujicic

Nick Vujicic adalah founder dari organisasi untuk penyandang disabilitas fisik. Ia lahir tanpa memiliki kedua tangan dan kaki. Nick sering kali menjadi bahan ejekan sampai diskriminisasi dari orang sekitarnya. Ia bahkan pernah mencoba untuk melakukan aksi bunuh diri, namun dengan berjalannya waktu, ia dapat melihat potensi dirinya sendiri sehingga membuatnya melanjutkan hidup tanpa menyerah. Saat ini, ia sering memberikan motivasi untuk banyak orang di seluruh dunia, serta telah menulis beberapa buku.

Nick Vujicic. Penyandang disabilitas mendunia.
Nick Vujicic

Itulah penyandang disabilitas yang mendunia. Mereka tidak menyerah dengan keadaan yang dialami, dan merubah sebuah kelemahan menjadi kekuatan hingga dapat menjadi pengaruh positif untuk sekitarnya.

Lihat juga; aplikasi VIOLET – Pendidikan Politik memudahkan penyandang disabilitas untuk mengakses edukasi politik.

Know me my abilities,  not my disability